9 Penyebab Munculnya Bisul Dan Benjolan Kecil Di Bibir Vagina

9 Penyebab Munculnya  Bisul Dan Benjolan Kecil Di Bibir Vagina__Mungkin saja Anda temukan bisul atau Benjolan di bibir vagina saat bercukur atau waktu mandi. Anda senantiasa di ajarkan untuk siaga kalau tonjolan apa pun yang muncul di ruang genital dapat beresiko. Anda mulai cemas, berfikir kalau tonjolan itu adalah tanda penyakit kelamin. Atau, Anda cemas bisul yang Anda dapatkan mungkin saja seperti kanker. Saat ini Anda betul-betul cemas, lalu mulai buka tab internet baru untuk mencari jawaban atas kegusaran Anda. Obat Daging Tumbuh Di Anus



Terdengar familiar? 

Mari kita pelajari satu per satu ketakutan Anda dari mulai peluang terburuk hingga penyebabnya paling umum dari bintil, kutil, ataupun tonjolan di bibir vagina Anda. Baca Juga : Ciri-ciri Kutil Kelamin

Mungkinkah tonjolan di bibir vagina saya adalah. 

1. Kanker vulva 

Kanker vulva yaitu kanker yang menyerang sisi luar system reproduksi wanita (vulva). Ruang ini termasuk juga sisi depan vagina, bibir vagina (labia), klitoris, serta kulit dan jaringan yang menutupi tulang kemaluan. Satu diantara pertanda yaitu kutil yang tumbuh pada vulva atau tonjolan di labia yang dibarengi oleh beberapa tanda tersebut : perdarahan sesudah jalinan sex, sakit pada vulva, perubahan warna kulit, serta rasa gatal serta terbakar pada vulva yang bertahan lama. 

Kecil peluangnya tonjolan yang Anda dapatkan yaitu tumor sel kanker. Kanker vulva termasuk juga langka, cuma menempati 3-4% dari keseluruhan masalah kanker alat reproduksi wanita. Type kanker ini yaitu kanker kulit lambat, perlu saat tahunan untuk berkembang. Perubahan prakanker umumnya bisa dideteksi serta diobati. 

2. Herpes genital 

Herpes genital pada perempuan biasanya tidak menyebabkan tanda serta tanda sekalipun (asimptomatik). Namun, bila ada, herpes genital mengakibatkan borok atau koreng, bukannya tonjolan. Borok umumnya merasa gatal, panas terbakar, serta lumayan sakit. Borok awalannya berbentuk bentol kecil serupa gigitan serangga yang beralih jadi luka melepuh yang terbuka serta tampak seperti bisul. Bila Anda mempunyai borok herpes genital Anda juga akan cepat menyadarinya karna rasa sakit serta ketidaknyamanan yang disebabkannya. 

3. Kutil kelamin 

Tonjolan berdaging memiliki ukuran kecil yang padat, muncul, serta mempunyai permukaan kasar dapat jadi tandanya kutil kelamin. Kutil kelamin dikarenakan oleh human papilloma virus atau HPV. Tonjolan ini mirip kembang kol serta bisa tumbuh dalam grup. Anda dapat memperoleh kutil kelamin lewat kontak kulit antar kelamin atau bahkan juga menyentuh alat kelamin dengan tangan yang membawa virus. 

Kutil bisa tumbuh pada bibir vagina (labia), didalam vagina, pada leher rahim, serta bahkan juga di sekitaran anus. Tonjolan mulai jadi bintil seukuran butir beras merah muda atau cokelat. Sebagian kutil tidak menyebabkan rasa sakit serta nyaris tidak tampak, sesaat yang beda bisa tumbuh dengan diameter lebih dari 7 cm. Sebagian kutil kelamin juga akan mengakibatkan rasa gatal serta terbakar. 

Namun di bagian beda, umumnya orang yang alami infeksi HPV dapat tidak meningkatkan kutil sekalipun. Bila kutil kelamin keluar, cuma juga akan terlihat dalam sebagian minggu, bln., atau bahkan juga tahunan sesudah Anda pertama kalinya terkena kontak dengan virus. 

4. Ulkus mole (chancroid) 

Chancroid atau ulkus mole yaitu infeksi genital yang dikarenakan bakteri Haemophilus ducreyi. Bakteri hasilkan luka terbuka dengan kata lain koreng yang keluar pada atau dekat organ reproduksi eksternal. Koreng mungkin saja berdarah dengan gampang waktu disentuh atau hasilkan nanah menyebar yang bisa menebar bakteri sepanjang sex oral, anal, atau vagina. 

Chancroid dapat juga menebar antar kontak kulit dengan orang yang terinfeksi. Wanita bisa meningkatkan empat atau lebih tonjolan merah di labia, diantara labia serta anus, atau di paha. Sesudah tonjolan jadi borok, atau terbuka, Anda mungkin saja alami sensasi terbakar atau nyeri waktu buang buang air kecil atau buang air besar. Borok mempunyai titik pusat yang lembut berwarna abu-abu sampai kuning keabuan dengan ujung yang tajam serta terang. 

5. Sifilis 

Sepanjang step primer sifilis, ulkus yang umumnya menyebabkan rasa sakit berkembang ditempat dimana bakteri masuk kedalam badan. Hal semacam ini umumnya berlangsung kurun waktu 3 minggu dari paparan, namun bisa sekitar dari 10 hingga 90 hari. Pada wanita, ulkus bisa muncul di bagian luar vagina atau di dalamnya. Ulkus umumnya tanpa ada rasa sakit serta tidak gampang tampak. Anda dapat tidak ketahui Anda mempunyai ulkus bila itu tumbuh didalam vagina atau di bukaan rahim (leher rahim). 

Ulkus dapat juga keluar di daerah badan terkecuali alat kelamin. Ulkus umumnya bertahan sepanjang 3 hingga 6 minggu, bisa pulih sendiri tanpa ada penyembuhan, serta bisa meninggalkan sisa luka tidak tebal. Namun walau ulkus sudah pulih, virusnya masih tetap ada serta Anda masih tetap dapat menyebarkan infeksi pada orang yang lain. 

6. Molluscum contagiosum 

Perkembangan kutil atau kulit ekstra serupa tahi lalat yang muncul abnormal dapat disebabkan oleh molluscum contagiosum, virus yang disebarkan lewat kontak kulit atau kerancuan dari pertukaran barang pribadi, seperti handuk. Kutil awal mulanya memiliki ukuran kecil, padat, mempunyai bentuk seperti kubah, tanpa ada rasa sakit, berwarna merah muda atau seperti daging. Kutil juga mempunyai lesung di tengahnya, tampak licin seperti lilin serta bercahaya putih susu. Kutil juga akan menebar di semua sisi badan, terlebih juga akan banyak keluar di muka, terkecuali di telapak tangan serta kaki. Kutil juga akan beralih memerah demikian system imun badan Anda mulai memerangi virus itu, serta umumnya juga akan kebal pada penyembuhan bila anda mempunyai system imun yang lemah. 

Penyakit kelamin tidak selamanya jadi penyebabnya kutil serta tonjolan di bibir vagina. Terdapat banyak keadaan kulit kritis yang bisa hasilkan luka serta tanda serupa, seperti gatal, sensasi terbakar, serta nyeri. 

Apa sekali lagi yang bisa mengakibatkan bisul serta tonjolan di bibir vagina? 

1. Vulvovaginitis 

Vulvovaginitis yaitu peradangan atau infeksi di sekitaran bibir vagina (labia) serta ruang perineum. Ini yaitu keadaan umum yang memengaruhi wanita serta anak perempuan dari semua umur, serta mempunyai beragam penyebabnya. Candida albicans yaitu infeksi jamur penyebabnya umum dari vulvovaginitis. Vulvovaginitis pada remaja perempuan bisa dikarenakan oleh kandungan estrogen yang rendah. 

Vulvovaginitis juga akan merubah sekitaran 75 % perempuan dalam kehidupan mereka. Infeksi jamur ini bisa mengakibatkan rasa gatal serta keputihan berwarna putih kental yang serupa dengan keju cottage. Tanda yang lain yaitu nyeri waktu buang air kecil. 

2. Dermatitis 

Eksim merujuk pada keadaan kulit yang mengakibatkan kulit meradang, bengkak, iritasi, serta gatal. Satu diantara type eksim yang seringkali berlangsung yaitu dermatitis atopik (dikarenakan oleh sensitivitas kulit pada alergen) serta dermatitis kontak (dikarenakan iritan eksternal atau kimiawi). 

Tanda yang terkait dengan dermatitis kontak alergi termasuk juga : kering, bersisik, kulit mengelupas, gatal-gatal, bisul yang basah mengalir atau lecet kering, kulit kemerahan, kulit beralih gelap atau kasar, sensasi panas terbakar dengan atau tanpa ada borok. gatal ekstrim. 

3. Kista vagina 

Kista vagina umumnya terjadi saat kelenjar kulit atau saluran keringat terhalang, mengakibatkan penggumpalan cairan atau bahan beda dibawah kulit. Kista seringkali tampak seperti jerawat atau tonjolan dibawah kulit. Bila memiliki ukuran cukup besar atau tidak tidak nyaman, dokter bisa mengempiskan tonjolannya. Memencet kista sendiri bukanlah inspirasi yang baik karna bisa buka gerbang untuk masuknya bakteri serta mengakibatkan infeksi serta bernanah ; umumnya disebabkan oleh bakteri penyebabnya penyakit menyebar seksual, seperti gonore atau klamidia. 

Penyebab kista vagina bergantung pada macamnya : 

  • Kista inklusi yaitu satu diantara type yang paling umum dari kista vagina, umumnya begitu kecil serta terdapat pada dinding bawah vagina. Kista inklusi dikarenakan oleh trauma pada dinding vagina. Umpamanya, dari episiotomi (sayatan suka-rela untuk jadi besar lubang vagina waktu melahirkan) 

  • Kista Bartholin yaitu kista yang diisi cairan, terjadi pada kelenjar Bartholin. Kelenjar ini terdapat di ke-2 bagian bukaan ke vagina serta adalah produsen cairan yang melumasi bibir vagina (labia) 
  • Kista kelenjar Gartner berlangsung saat saluran dalam embrio berkembang tidak hilang seperti yang semestinya saat bayi lahir. Saluran yang tersisa ini bisa membuat kista vagina di lalu hari 
  • Kista Müllerian yaitu type umum beda dari kista vagina yang terjadi dari susunan yang ketinggalan saat bayi berkembang. Kista ini dapat tumbuh dimana saja pada dinding vagina serta biasanya memiliki kandungan lendir 
Ingat kalau hal paling baik yang bisa Anda kerjakan bila Anda lihat atau mencurigai ada tonjolan di bibir vagina atau perubahan fisik apa pun yang terlihat tidak normal yaitu berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk di check serta memperoleh diagnosis pas. Dengan cara tersebut Anda juga akan mempunyai ketenangan fikiran.

Tidak ada komentar: