Kutil Di Anus : Pengertian, Tanda, Penyebabnya, & Terapi

Kutil Di Anus__Kutil Anus adalah kutil yang tumbuh didalam atau di luar sekitaran anus. Dalam arti medis di kenal jadi ‘Condiloma Akuminata’. Kutil di dubur dikelompokkan dalam satu diantara bentuk jenis ‘kutil kelamin’. 
Biasanya kutil yang tumbuh di anus tidak mengakibatkan rasa sakit atau rasa tidak nyaman hingga seorang yang sudah terinfeksi kadang-kadang tidak ketahui kalau dianya telah terinfeksi. Tetapi, bila hal semacam ini tidak diterapi jadi kutil dapat tumbuh terus-terusan sampai menutupi semua area dubur. Obat Kutil Kelamin


penyebab kutil di anus 

Kutil di anus dikarenakan oleh ‘Human Papilloma Virus (HPV) atau lebih di kenal dengan nama virus HPV. Penyebaran virus HPV ini dapat berlangsung walau sipembawa virus ini belum juga tumbuh kutil di duburnya. 

Virus ini dapat disebarkan lewat kontak dengan anus, mulut, pens, atai vagina dari seorang yang telah terinfeksi. Terjadinya penetrasi tidak dibutuhkan untuk menebarkan penyakit ini, dikarenakan virus HPV penyebabnya kutil kelamin dapat disebarkan lewat kontak kulit-ke kulit. Kutil kelamin juga akan muncul tiga bln. sesudah kontak dengan pasien.

Siapa yang memiliki resiko terserang kutil anus
Kemungkinan Anda bertambah terserang kutil di dubur bila : 

– Terkait tubuh tanpa ada kondom dengan lebih dari satu pasangan 

– Sex lewat anal 

– Terkait tubuh dengan orang yang terinfeksi 

– Em el diusia yang begitu muda 

– perokok 

– meminum alkohol 

– orang yang tengah mengandung 

– orang dengan system imun yang dikontrol obat-obatan atau karna sakit 

Tanda kutil di anus

Pada banyak masalah, tanda kutil anus awalannya tidak bisa dilihat. Orang yang terinfeksi umumnya tidak rasakan sakit. Kutil mulai berkembang dengan ukuran yang begitu kecil sampai sulit untuk dilihat. Tetapi makin mereka tumbuh besar jadi penampakannya bakal jadi bunga. Warna kutil ini biasanya seperti warna daging, kuning, merah muda,, atau cokelat muda. 

Dikarenakan oleh kutil yang tumbuh di dubur dapat juga mengakibatkan kutil kelamin jadi kutil mungkin tumbuh di bagian beda ketika yang sama. Bila pada wanita dapat tumbuh di vulva, vagina, atau cervix. Pada lelaki bisa tumbuh di penis, buah zakar, paha, atau pangkal paha. Kutil dapat pula tumbuh di mulut atau kerongkongan orang yang terinfeksi. 
Tanda beda kutil di dubur yaitu gatal, pendarahan, atau keluarnya cairan dari anus. Orang yang terinfeksi mungkin alami sensasi terdapatnya tonjolan di daerah dubur. 

Menyembuhkan kutil di anus

Kutil di anus jika tidak diobati dapat mengakibatkan kanker. Pilihan penyembuhan bergantung dari jumlah dan tempat kutil, pilihan pasien, atau saran tenaga medis. 
Untuk kutil yang memiliki ukuran begitu kecil serta jumlahnya terbatas diluar anus jadi penyembuhan dengan obat umum bisa dikerjakan. Tersebut regimen yang umum digunakan untuk obat kutil di dubur : 

  • imiquimod (Aldara, Zyclara) 
  • podofilox (Condylox) 
  • podophyllin (Podocon) 
  • trichloroacetic acid (TCA) 
  • bichloroacetic acid (BCA) 

Untuk kutil yang memiliki ukuran besar serta tidak merespon pada penyembuhan umum atau kutil yang tumbuh didalam anus jadi pilihan operasi yaitu hal yang umum dikerjakan. Pembiusan lokal umum dipakai. 

Tersebut sebagian pilihan operasi kutil dubur : 

– Krioterapi : nitrogen mencari di pakai untuk membekukan kutil. Sesudah kutil membeku jadi juga akan terlihat lepuhan di sekitar kutil serta juga akan jatuh manfaat pengobatan. 

Elektrokauter, arus listrik digunakan untuk membakar kutil. 

Mencegah kutil di Anus

Kutil yang sudah pulih mungkin masa datang muncul kembali, meskipun telah dikerjakan penyembuhan dengan therapy yang cukup berhasil. Oleh karenanya baiknya senantiasa mengecek adakah virus HPV didalam badan walaupun belumlah ada tanda yang riil. Hal semacam ini dapat menghindar terjadinya kutil kembali. 

Infeksi kutil di dubur bisa dikurangi lewat cara mempunyai pasangan seksual yang tetaplah, pemakaian kondom, atau setia dengan pasangan Anda.

Tidak ada komentar: